MOTOR PRODUK GAGAL HONDA
Setiap produsen
apapun mendambakan produk
ciptaannya dapat terjual banyak dan diminati masyarakat atau konsumennya namun
terkadang ada banyak hal terjadi memang
tidak sesuai dengan keinginan , termasuk dalam hal ini adalah yang dialami oleh produsen sepeda motor
diindonesia .
Nasib yang kurang diinginkan pastinya oleh semua produsen
sepeda motor inipun juga bisa dialami oleh para pencipta kendaraan roda dua
meski notabene memiliki merk dan nama besar
seperti Honda Yamaha, Suzuki dan Kawasaki ini
Berikut sedikit ulasan dan pendapat saya tentang produksi sepeda motor yang secara
pemasarannya dianggap gagal atau lebih tepatnya kurang diminati oleh para
konsumen .
HONDA
HONDA Supra XX /
Supra V
HONDA Supra XX
merupakan produk Honda jenis bebek 100 yang secara tampilan body tidak
jauh berbeda dari model Supra X/ Supra Fit
namun terdapat sedikit perbedaan
pada lampu depan nya saja untuk sector body . sedangkan mesin menggunakan mesin
yang sama dengan Astrea legenda disamping
menggunakan system kopling manual , Produk ini dikeluarkan oleh pihak Honda
guna membendung Maraknya peredaran sepeda motor merk cina yang bentuk modelnya
meniru produk Honda namun harganya hampir separuh dari produk Honda supraX
sendiri, dengan patokan harga yang jauh lebih murah dari model Supra X series,
Honda berharap produk ini bisa menambah total penjualan lebih banyak ditengah maraknya dominasi merk merk cina , namun ternyata
tidak terlalu diminati konsumen dikarenakan pada saat itu terasa canggung bila
sepeda motor ber cc kecil menggunakan kopling manual.
HONDA Karisma 125
Disaat persaingan yang semakin ketat pada tahun 2000an Honda
mengeluarkan HONDA Karisma 125 yang
menggunakan mesin ber cc 125 ditengah padatnya persaingan motor bebek ber mesin
100 cc ditambah banyaknya produsen motor
cina merajalela dengan produk tiruan motor jepang dan harga yang relatih jauh lebih murah . Dengan
menelurkan Karisma 125 ini bisa dikatakan Honda yang paling pertama memproduksi
secara masal ditanah air disaat competitor masih berkutat mengembangkan motor
bebek 100cc meski produknya langsung bisa diterima masyarakat namun banyak yang
ber anggapan model Karisma 125 ini terlalu besar untuk kategori motor bebek
.sadar akan kekuranganya pihak Honda mengeluarkan generasi lanjutan dengan
hadirnya Karisma X 125. Dari segi model
dan mesin memang tidak berubah namun
hanya dimensi bodynya saja yang didesain lebih ramping dari pendahulunya .
Honda Kirana 125
Masih menggunakan Platform mesin yang sama dengan saudara
tuanya Karisma 125 Honda Kirana 125
menggunakan mesin 125 cc namun masih menngunakan Basic rangka dan body Astrea grand namun dengan desain yang lebih
elegan .Namun meski laku dipasaran tetapi tidak memuaskan karna hanya menyokong
persentase yang ber nilai kecil dalan penjualan total dikarenakan bentuk body yang masih datar seperti astrea
grand namun memiliki kapasitas mesin
besar agaknya kurang diterima dipasaran , terlebih disaat yang sama
kompetitormulai melakukan perlawanan dengan keluarnya Jupiter z 115 cc dan
Jupiter MX 135 dari Yamaha yang modelnya lebih sporti untuk kalangan anak muda
.
HONDA CS 1
Pada tahun 2008 an Honda mulai kewalahan dengan perlawanan
Yamaha yang mengeluarkan Jupiter Z & Jupiter MX nya si komeng terlihat
menguasai pasar motor bebek sport bercc diatas 100cc . HONDA CS 1 keluar
dibekali mesin lumayan garang karna diambil dari platform mesin Honda sonic 125
Thailand .pada produk ini agaknya Honda berupaya keras menciptakan pangsa pasar
baru dengan mengeluarkan motor bebek semi sport namun langkah ini justru
menjadi boomerang karna model yang dihasilkan terlihat banci karna bila disebut
motor bebek tapi terdapat bagasi depan
yang menyerupai tanki pada layaknya motor batangan dan dilain itu pula model
lampu depan terlalu besar bila dibanding
desain body dan lampu belakang yang kecil dan lancip, tak ada perubahan untuk desain body dan mesin dari awal kelahiran sampai tutup usia produksi
Honda Nice 110
Honda Nice 110 muncul diperedaran kisaran tahun 2001 meski
tak jelas pola penjualannya melalui ATPM resmi Honda atau importir umum yang
mendatangkan langsung dari negeri asalnya Thailand. Kala itu pasar roda dua
Indonesia masih didominasi oleh motor bebek tulen meskipun model ayam jago
sudah ada beberapa merk yang jualan meski kurang serius kali ini Honda sekedar
untuk mencicipi rasanya jualan ayam jago atau untuk test pasaran atau juga
sekedar melengkapi line up produknya .tapi yang jelas peluncuran Honda Nice 110
terkesan setengah hati dan tanpa riset
yang matang karna bila dilihat dari segi body motor ini cukup stile dibanding
motor bebek namun spesifikasi mesin tidur yang hanya 110cc yang tidak jauh beda dengan supra xx/ supra v dianggap tidak pas dengan
baju layaknya motor bebek sport apalagi dengan shok beaker belakang yang masih
double ,karna baik diindonesia maupun dinegara lain model ayam jago identic
dengan motor geberan tapi dari spesifikasi mesin Honda Nice 110 ini bisa
dipastikan perform mesin sama saja dengan bebek bebek lain , itulah yang
menurut saya Honda Nice 110 susah diminati diindonesia disamping karna
harganya yang terhitung terlalu mahal meski
statusnya CBU .lain hal mungkin bila Honda Nice dipermak sedikit sesuai
selera pasar diindonesia dengan cc yang lebih besar missal HONDA Sonic mesin tegak berdiri yang
dipakai HONDA CS1 atau minimal mesin
125 cc mlik karisma sekedar untuk menekan biaya yang lebih murah ,kopling
manual .
Honda Revo AT
Honda
Revo AT
merupakan experiment Honda yang gagal
atau bisa juga dikatakan sekedar mencari celah pasar yang belum diisi oleh competitor lain pada
saat itu dilihat dari penampilan body Honda Revo AT sebenarnya
tidak jauh berbeda dengan Honda Absolute Revo /Revo Fit
karna memang masih satu
basic namun berbedaan yang paling mencolok adalah pada sector mesin
Honda Revo AT menggunakan mesin bertransmisi matic seperti layaknya
Vario atau Beat namun dikawinkan dengan body model Cub tampak aneh dan wagu sehinnga konsumen
diindonesia terkesan enggan untuk meminangya alhasil Honda terlihat untuk
menjualnya ditambah lagi kemunculan
YAMAHA LEXAM yang menganut aliran yang sama namun dengan desain body yang lebih
bagus dibanding Honda Revo AT
HONDA
SUPRA 125 Helm in
HONDA SUPRA 125 Helm in merupakan facelift SUPRA X125 namun gagal
diterima konsumen karna desain body yang gendut nyeleneh apalagi dengan model
lampu depan dan belakang yang terlihat sangat wagu .meskipun dibekali mesin
yang sama dengan SUPRA X 125 + system pengabutan sudah injeksi namun karna
model yang dianut kurang pas untuk pasaran Indonesia saat ini yang cenderung
memilih model yang sporty membuat Produk ini dinilai gagal untuk mendapat angka
penjualan yang sukses seperti generasi SUPRA 125 pendahulunya
Honda
Spacy
Honda Spacy merupakan produk AHM yang sampai saat ini masih dijual di
Dealer resmi Honda meski kategori masih segar namun dilihat dari populasi yang
beredar banyak yang beranggapan ini salah satu produksi matic Honda yang memiliki angka penjualan paling kecil dibanding matic lain seperti BEAT dan VARIO
.dari segi mesin mungkin hampir sama dengan yang diaplikasikan pada saudara
tuanya Vario namun factor body yang
menjadikanya sulit diterima masyarakat indo yang lebih suka model lancip /
aerodinamis ,entah diniatkan untung
menghambat laju penjualan rivalnya ( Yamaha ) yang gencar mempromosikan MIO
Soul dan Xeon atau sekedar melengkapi
line up jajaran produk matic Honda .
Honda MegaPro mono
Motor batangan milik Honda ini mulai keluar sekitar tahun 2011 sebagai
penerus generasi megapro sebelumnya yang masih menggunakan headlamp bundar
.dilihat dari sector body dan mesin bisa
dikatakan facelift megapro primus .dengan desain tangki dan lampu depan sangat
besar dan tidak seimbang dengan body belakang yang terkesan meruncing meski
populasinya cukup banyak namun tidak sebanyak generasi sebelumya ,banyak yang
berpendapat produk ini merupakan pancingan Honda untuk Yamaha yang pada saat
itu melenggang dengan penjualan Vixion .parahnya pihak Yamaha terpancing juga mengeluarkan
BYSON untuk bersanding dipasaran motor sport dibawah VIXION dan Scorpio .disaat
Yamaha susah payah jualan Byson karna aliran desain yang satu konsep dengan New
Megapro (Besar didepan Kecil Dibelakang ) namun Perfoma mesin tidak seimbang dengan bodynya AHM
mengeluarkan senjata barunya dikelas motor sport kelas ekonominya HONDA VERZA
alhasil kegagalan Honda terbayarkan oleh angka penjualan Verza yang langsung
direspon baik konsumen karna harganya yang tergolong murah dibanding
YAMAHA BYSON namun dengan body yang lumayan elegan dan perfoma mesin yang
lebih mumpuni dibanding si Byson
Demikian sedikit ulasan dari saya tanpa bermaksud menghakimi suatu produk atau merendahkan pihak manapun namun hanya sekedar pendapat ,karna saya sendiri sebagai konsumen pemakai sepeda motor roda 2 , barangkali ada pendapat atau tambahan dari pembaca silahkan masukan di kolom komentar
0 Comments:
Posting Komentar