MOTOR PRODUK GAGAL HONDA

MOTOR  PRODUK  GAGAL HONDA
Setiap produsen  apapun mendambakan  produk ciptaannya dapat terjual banyak dan diminati masyarakat atau konsumennya namun terkadang  ada banyak hal terjadi memang tidak sesuai dengan keinginan , termasuk dalam hal ini adalah  yang dialami oleh produsen sepeda motor diindonesia .
Nasib yang kurang diinginkan pastinya oleh semua produsen sepeda motor inipun juga bisa dialami oleh para pencipta kendaraan roda dua meski notabene memiliki merk dan nama besar  seperti Honda Yamaha, Suzuki dan Kawasaki  ini
Berikut sedikit ulasan dan pendapat saya  tentang produksi sepeda motor yang secara pemasarannya dianggap gagal atau lebih tepatnya kurang diminati oleh para konsumen .
HONDA 

HONDA Supra XX  / Supra V



HONDA Supra XX  merupakan produk Honda jenis bebek 100 yang secara tampilan body tidak jauh berbeda dari model Supra X/ Supra Fit  namun   terdapat sedikit perbedaan pada lampu depan nya saja untuk sector body . sedangkan mesin menggunakan mesin yang sama dengan  Astrea legenda disamping menggunakan system kopling manual , Produk ini dikeluarkan oleh pihak Honda guna membendung Maraknya peredaran sepeda motor merk cina yang bentuk modelnya meniru produk Honda namun harganya hampir separuh dari produk Honda supraX sendiri, dengan patokan harga yang jauh lebih murah dari model Supra X series, Honda berharap produk ini bisa menambah total penjualan lebih banyak  ditengah maraknya  dominasi merk merk cina , namun ternyata tidak terlalu diminati konsumen dikarenakan pada saat itu terasa canggung bila sepeda motor ber cc kecil menggunakan kopling manual.

HONDA Karisma 125


Disaat persaingan yang semakin ketat pada tahun 2000an Honda mengeluarkan  HONDA Karisma 125 yang menggunakan mesin ber cc 125 ditengah padatnya persaingan motor bebek ber mesin 100 cc ditambah  banyaknya produsen motor cina merajalela dengan produk tiruan motor jepang dan  harga yang relatih jauh lebih murah . Dengan menelurkan Karisma 125 ini bisa dikatakan Honda yang paling pertama memproduksi secara masal ditanah air disaat competitor masih berkutat mengembangkan motor bebek 100cc meski produknya langsung bisa diterima masyarakat namun banyak yang ber anggapan model Karisma 125 ini terlalu besar untuk kategori motor bebek .sadar akan kekuranganya pihak Honda mengeluarkan generasi lanjutan dengan hadirnya  Karisma X 125. Dari segi model dan mesin memang tidak berubah  namun hanya dimensi bodynya saja yang didesain lebih ramping dari pendahulunya .


Honda Kirana 125



Masih menggunakan Platform mesin yang sama dengan saudara tuanya Karisma 125  Honda Kirana 125 menggunakan mesin 125 cc namun masih menngunakan Basic rangka dan body  Astrea grand namun dengan desain yang lebih elegan .Namun meski laku dipasaran tetapi tidak memuaskan karna hanya menyokong persentase yang ber nilai kecil dalan penjualan total dikarenakan  bentuk body yang masih datar seperti astrea grand  namun memiliki kapasitas mesin besar agaknya kurang diterima dipasaran , terlebih disaat yang sama kompetitormulai melakukan perlawanan dengan keluarnya Jupiter z 115 cc dan Jupiter MX 135 dari Yamaha yang modelnya lebih sporti untuk kalangan anak muda .

HONDA CS 1


Pada tahun 2008 an Honda mulai kewalahan dengan perlawanan Yamaha yang mengeluarkan Jupiter Z & Jupiter MX nya si komeng terlihat menguasai pasar motor bebek sport bercc diatas 100cc . HONDA CS 1 keluar dibekali mesin lumayan garang karna diambil dari platform mesin Honda sonic 125 Thailand .pada produk ini agaknya Honda berupaya keras menciptakan pangsa pasar baru dengan mengeluarkan motor bebek semi sport namun langkah ini justru menjadi boomerang karna model yang dihasilkan terlihat banci karna bila disebut motor bebek  tapi terdapat bagasi depan yang menyerupai tanki pada layaknya motor batangan dan dilain itu pula model lampu depan terlalu besar  bila dibanding desain body dan lampu belakang yang kecil dan lancip, tak ada perubahan untuk desain body dan mesin dari awal kelahiran sampai tutup  usia produksi 

Honda Nice 110 


Honda Nice 110 muncul diperedaran kisaran tahun 2001 meski tak jelas pola penjualannya melalui ATPM resmi Honda atau importir umum yang mendatangkan langsung dari negeri asalnya Thailand. Kala itu pasar roda dua Indonesia masih didominasi oleh motor bebek tulen meskipun model ayam jago sudah ada beberapa merk yang jualan meski kurang serius kali ini Honda sekedar untuk mencicipi rasanya jualan ayam jago atau untuk test pasaran atau juga sekedar melengkapi line up produknya .tapi yang jelas peluncuran Honda Nice 110 terkesan setengah hati  dan tanpa riset yang matang karna bila dilihat dari segi body motor ini cukup stile dibanding motor bebek  namun  spesifikasi mesin tidur yang hanya 110cc  yang tidak jauh beda dengan  supra xx/ supra v dianggap tidak pas dengan baju layaknya motor bebek sport apalagi dengan shok beaker belakang yang masih double ,karna baik diindonesia maupun dinegara lain model ayam jago identic dengan motor geberan tapi dari spesifikasi mesin Honda Nice 110 ini bisa dipastikan perform mesin sama saja dengan bebek bebek lain , itulah yang menurut saya  Honda Nice 110  susah diminati diindonesia disamping karna harganya yang terhitung terlalu mahal meski  statusnya CBU .lain hal mungkin bila Honda Nice dipermak sedikit sesuai selera pasar diindonesia dengan cc yang lebih besar  missal HONDA Sonic mesin tegak berdiri yang dipakai HONDA CS1   atau  minimal mesin  125 cc mlik karisma sekedar untuk menekan biaya yang lebih murah ,kopling manual . 

Honda Revo AT


Honda Revo AT merupakan experiment Honda yang gagal  atau bisa juga dikatakan sekedar mencari celah pasar  yang belum diisi oleh competitor lain pada saat itu dilihat dari penampilan body Honda Revo AT sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Honda Absolute Revo  /Revo Fit  karna memang masih satu basic namun berbedaan yang paling mencolok adalah pada sector mesin Honda Revo AT menggunakan mesin bertransmisi matic seperti layaknya Vario  atau Beat  namun dikawinkan dengan body model Cub tampak aneh dan wagu sehinnga konsumen diindonesia terkesan enggan untuk meminangya alhasil Honda terlihat untuk menjualnya  ditambah lagi kemunculan YAMAHA LEXAM yang menganut aliran yang sama namun dengan desain body yang lebih bagus dibanding Honda Revo AT


HONDA SUPRA 125 Helm in


HONDA SUPRA 125 Helm in merupakan facelift SUPRA X125 namun gagal diterima konsumen karna desain body yang gendut nyeleneh apalagi dengan model lampu depan dan belakang yang terlihat sangat wagu .meskipun dibekali mesin yang sama dengan SUPRA X 125 + system pengabutan sudah injeksi namun karna model yang dianut kurang pas untuk pasaran Indonesia saat ini yang cenderung memilih model yang sporty membuat Produk ini dinilai gagal untuk mendapat angka penjualan yang sukses seperti generasi SUPRA 125 pendahulunya  

Honda Spacy 



Honda Spacy merupakan produk AHM yang sampai saat ini masih dijual di Dealer resmi Honda meski kategori masih segar namun dilihat dari populasi yang beredar banyak yang beranggapan ini salah satu produksi matic Honda yang  memiliki angka penjualan paling kecil  dibanding matic lain seperti BEAT dan VARIO .dari segi mesin mungkin hampir sama dengan yang diaplikasikan pada saudara tuanya Vario  namun factor body yang menjadikanya sulit diterima masyarakat indo yang lebih suka model lancip / aerodinamis   ,entah diniatkan untung menghambat laju penjualan rivalnya ( Yamaha ) yang gencar mempromosikan MIO Soul  dan Xeon atau sekedar melengkapi line up jajaran produk matic Honda .


Honda MegaPro mono


Motor batangan milik Honda ini mulai keluar sekitar tahun 2011 sebagai penerus generasi megapro sebelumnya yang masih menggunakan headlamp bundar .dilihat dari sector body dan mesin  bisa dikatakan facelift megapro primus .dengan desain tangki dan lampu depan sangat besar dan tidak seimbang dengan body belakang yang terkesan meruncing meski populasinya cukup banyak namun tidak sebanyak generasi sebelumya ,banyak yang berpendapat produk ini merupakan pancingan Honda untuk Yamaha yang pada saat itu melenggang dengan penjualan Vixion .parahnya  pihak Yamaha terpancing juga mengeluarkan BYSON untuk bersanding dipasaran motor sport dibawah VIXION dan Scorpio .disaat Yamaha susah payah jualan Byson karna aliran desain yang satu konsep dengan New Megapro (Besar didepan Kecil Dibelakang ) namun Perfoma mesin  tidak seimbang dengan bodynya AHM mengeluarkan senjata barunya dikelas motor sport kelas ekonominya HONDA VERZA alhasil kegagalan Honda terbayarkan oleh angka penjualan Verza yang langsung direspon baik  konsumen  karna harganya yang tergolong murah dibanding YAMAHA BYSON namun dengan body yang lumayan elegan dan perfoma mesin yang lebih  mumpuni dibanding si Byson 

Demikian sedikit ulasan dari saya tanpa bermaksud menghakimi suatu produk atau merendahkan pihak manapun namun hanya sekedar pendapat ,karna saya sendiri sebagai konsumen pemakai sepeda motor roda 2 , barangkali ada pendapat atau tambahan dari pembaca silahkan masukan di kolom komentar


Subscribe for latest Apps and Games


0 Comments:

3uTools

  3uTools untuk PC 3uTools adalah software yang digunakan untuk melakukan jailbreak pada perangkat berbasis sistem IOS ( Produk IPHONE ) and...